Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Laptop RAM 8GB

2 min read

Laptop RAM 8GB

Untuk saat ini, Laptop merupakan salah satu perangkat elektronik yang wajib adanya. Baik itu untuk mahasiswa, pekerja kantoran, dan juga pelajar.

Nah, salah satu bagian penting dan selalu dipertimbangkan ketika membeli sebuah laptop adalah jenis dan besar RAM yang digunakan.

Dalam sebuah pekerjaan yang tergolong berat, paling tidak Anda membutuhkan Laptop RAM 8GB.

Merek dan Seri Laptop Dengan RAM 8GB di Pasaran

Jika Anda merupakan salah satu pengguna laptop yang membutuhkan RAM sedikitnya 8GB, maka perlu tahu beberapa merek dan tipe laptop yang direkomendasikan berikut ini.

Hal ini akan lebih memudahkan Anda tanpa melakukan penggantian ataupun penambahan secara manual. Untuk itu, langsung saja berikut beberapa merek yang perlu Anda ketahui.

  • HP 15-BW064AX merupakan seri laptop dengan RAM 8GB pertama yang dapat Anda coba. Dengan menggunakan RAM sebesar 8GB DDR4, laptop ini membawa prosesor AMD A10-9620P Quad Core. Selain itu, RAM tersebut juga akan dibantu dengan VGA AMD Radeon 530 Graphics 2GB DDR3 + AMD Radeon R5.
  • Asus R410MA-BV208T memang hadir bagi para pengguna kelas low-end. Meskipun begitu, seri ini hadir dengan RAM 8GB DDR3 Laptop. Dengan Prosesor Intel Celeron N4000 Dual Core dan VGA Intel UHD Graphics, laptop ini sudah mampu digunakan untuk berbagai kegiatan yang tergolong berat.
  • HP 15-BW070AX ini hadir dengan RAM sebesar 8GB. Sedangkan untuk dapur pacu, seri ini menggunakan AMD A12-9720P Quad Core. Tambahan VGA AMD Radeon Graphics 4GB DDR3 juga akan menambah laju kinerja dari laptop ini.
  • Acer Aspire 3 A315 nampaknya sangat tepat menjadi pilihan bagi Anda yang seorang pekerja, pelajar, ataupun mahasiswa. Dengan menggunakan prosesor AMD Ryzen 5 2500U Quad Core dan RAM sebesar 8GB DDR4, laptop ini mampu untuk melakukan berbagai kegiatan yang berat berkat VGA AMD Radeon RX Vega 8 Graphics 2GB yang dibawanya.
  • Asus VivoBook 15 X505ZA-BR501T ini merupakan laptop yang kencang, ekonomis, dan cocok digunakan untuk para pemula. Dengan membawa prosesor AMD Rayzen 5 2500U Quadcore serta RAM sebesar 8GB, laptop ini mampu menjalankan berbagai macam aplikasi dengan dukungan dari VGA AMD Radeon Vega 8 Grapichs 2GB DDR4.

Daftar Harga laptop RAM 8GB di Pasaran Indonesia

Setelah mengetahui beberapa Laptop RAM 8GB di atas, tentunya membuat Anda menjadi penasaran berapakah kisaran harga dari laptop-laptop tersebut di pasaran Indonesia.

Oleh karena itu Anda tidak usah khawatir lagi. Berikut ini kisaran harga dari laptop yang sebelumnya telah di jelaskan di atas.

  • HP 15-BW064AX ini memiliki banderol harga sekitar 6,25 jutaan rupiah di pasaran laptop Indonesia. Harga tersebut tentunya sangat sepadan dengan spesifikasi yang dibawanya.
  • Dapat dikatakan bahwa Asus R410MA-BV208T ini memiliki harga yang paling murah di antara beberapa merek laptop yang disebutkan. Harga dari Laptop RAM 8GB murah yang satu ini hanya berkisar 4,4 jutaan rupiah saja. Meskipun harganya murah, namun kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.
  • Hampir sama dengan saudaranya, HP 15-BW070AX ini juga memiliki banderol harga sekitar 6,25 jutaan rupiah. Hanya saja, seri yang satu ini memiliki keunggulan dalam sektor VGA yang dibawanya.
  • Acer Aspire 3 A315 merupakan laptop yang cocok untuk digunakan siapa saja. Dengan begini, maka banderol seharga 7 jutaan rupiah sangatlah sepadan dengan apa yang akan Anda peroleh dari seri Acer yang satu ini.
  • Tidak mau kalah dengan Acer, Asus seri VivoBook 15 X505ZA-BR501T ini juga memiliki banderol harga sebesar 7 jutaan rupiah. Bukan hanya itu saja, spesifikasi yang dibawa juga sangat mirip. Hanya Anda saja yang dapat menentukan pilihan terbaik di antara keduanya.

Cara Menambah RAM Laptop 8GB

Apabila Anda sudah memiliki laptop dengan RAM kurang dari 8GB dan menurut Anda menurut Anda mengganti laptop membutuhkan banyak biaya, maka menambah RAM merupakan hal yang terbaik.

Jika Anda sudah yakin untuk mengganti RAM pada laptop Anda menjadi 8GB, maka Anda dapat mengetahui langkah-langkah sebagai berikut ini.

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membeli RAM. Biasanya terdapat dua buah slot RAM pada laptop. Jika laptop Anda memiliki RAM 4GB, maka Anda hanya perlu membelu RAM 4GB saja. Namun jika kurang dari 4GB, maka Anda perlu membeli RAM 8GB.
  2. Setelah itu jangan langsung membeli RAM. Anda juga perlu menyesuaikan jenis dan tipe RAM yang sesuai dengan slot pada laptop Anda.
  3. Jika sudah ketemu, maka Anda tinggal membeli RAM yang diperlukan.
  4. Untuk memasang RAM ini, pastikan lebih dulu mencabut semua aliran listrik yang mengalir.
  5. Lalu buka penutup RAM yang berada di bagian bawah laptop, biasanya di samping baterai.
  6. Nantinya akan terlihat satu keping RAM. Anda dapat menggantinya ataupun menambah pada slot yang masih kosong.
  7. Jika sudah, maka tutup kembali penutup RAM dan RAM 8GB siap digunakan.

Dengan mengetahui beberapa merk laptop dengan RAM 8B ataupun menambah RAM pada laptop menjadi 8GB, maka Anda akan memperoleh laptop dengan kemampuan maksimal.

Dengan laptop tersebut, Anda dapat melakukan hampir semua kegiatan melalui laptop.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *