Faizatun Ngafifah Seorang Publisher yang Hobi Membaca dan Menulis serta Menyukai Dunia Teknologi

Cara Download Subtitle Indonesia

2 min read

Subtitle Indonesia

Terkadang, ketika Anda mendownload film melalui internet maupun meminta file dari teman, film yang didownload atau diminta tersebut tidak dilengkapi dengan subtitle Indonesia. Mungkin permasalahan ini terlihat sepele namun tetap saja pesan dan maksud yang disampaikan dalam film tidak tersampaikan secara sempurna, bahkan dapat membuat para penonton salah mengartikan pesan dan maksud dari film itu.

Cara Download Subtitle Indonesia

Cara Download Subtitle Indonesia

Oleh karena itu, Anda perlu untuk mendownload subtitlenya sendiri pada situs yang menyediakan subtitle di internet. Terdapat banyak sekali situs yang menyediakan subtitle berbahasa Indonesia, namun salah satu situs yang sangat disarankan adalah subscene karena situs ini menyediakan subtitle dengan berbagai macam bahasa untuk banyak film. Untuk itu, berikut cara mendownload subtitle di subscene.

  • Sebelum mendownload subtitle untuk film yang dimiliki, tentunya Anda perlu mengetahui terlebih judul dari film tersebut, resolusi, dan juga tahun perilisannya. Hal ini karena resolusi akan mempengaruhi tepat tidaknya letak subtitle yang didownload. Selain itu, terkadang ada film yang mempunyai judul sama namun waktu atau tahun perilisannya berbeda.
  • Langkah selanjutnya adalah mengunjungi situs www.subscene.com, lalu ketik judul film yang hendak di tonton pada kolom pencarian dan tekan enter.
  • Setelah di tekan enter, nantinya akan muncul hasil pencarian berupa beberapa subtitle yang tersedia untuk judul film yang diketikkan. Jika terdapat lebih dari satu judul film yang sama, maka lihatlah tahun perilisannya dan sesuaikan dengan tahun film yang Anda ingin tonton.
  • Jika sudah disesuaikan, akan muncul daftar yang berisikan puluhan hingga ratusan subtitle dengan berbagai bahasa untuk film yang diinginkan. Untuk itu, scroll ke bawah lalu cari subtitle yang menggunakan bahasa Indonesia. Anda juga dapat menggunakan cara cepat dengan menekan tombol “Ctrl” dan “F” kemudian ketik “Indonesia”.
  • Setelah itu akan muncul banyak subtitle yang menggunakan bahasa Indonesia. Lalu cari subtitle yang menggunakan resolusi paling sesuai dengan resolusi film Anda. Misalnya film yang dimiliki menggunakan resolusi 1080p, maka pilihlah subtitle yang menggunakan resolusi tersebut karena hal ini akan mempengaruhi ketepatan munculnya subtitle dalam film.
  • Kemudian klik tombol Download Subtitle untuk mendownloadnya lalu ekstrak file tersebut karena biasanya berbentuk .rar. Format dari file subtitle ini adalah .srt atau .ass dan berjumlah tiga subtitle. Untuk perbedaan dari ketiganya hanya ada pada warnanya, yaitu putih, kuning, dan abu-abu. Anda dapat menggunakan salah satu yang dirasa cocok dan nyaman.

Setelah Anda mendownload file subtitle untuk film yang dimiliki, tentunya hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah memasukannya pada aplikasi pemutar video yang digunakan. Terdapat beberapa aplikasi pemutar video yang sering di jumpai sperti GOM player, KM Player, dan masih banyak lagi. Untuk itu, berikut cara input atau memasukan subtitle pada aplikasi pemutar video.

Cara Input Subtitle Indonesia di MKV

MKV merupakan salah satu format file video yang sering digunakan pada sebuah film. Hampir semua film yang Anda download melalui situs-situs penyedia film online menggunakan format MKV ini. Hal ini dikarenakan file ini memiliki kualitas gambar yang tinggi namun ukurannya tetap kecil. Sebenarnya cara input subtitle Indonesia di MKV ini sama seperti pada format lain yaitu tinggal menariknya ketika film diputar.

Cara Input Subtitle Indonesia di GOM

GOM Player merupakan salah satu aplikasi yang paling sering digunakan untuk memutar film pada PC. Selain ukuran filennya tidak besar, pengoperasian dari GOM player juga cukup mudah. Untuk menginput subtitle di GOM Player, Anda dapat menekan klik kanan pada mouse kemudian pilih opsi subtitle lalu klik centang pada show subtitle atau menekan “Alt” dan “H” lalu centang show subtitle.

Cara Input Subtitle Indonesia di KMP

Selain GOM Player, KMP Player juga sering digunakan untuk memutar film di PC. Untuk memasukan subtitle di KMP ini, yakni dengan membuka atau memutar film terlebih dahulu menggunakan KMP Player. Ketika film berjalan, maka klik pada menu yang ada di pojok kanan atas lalu pilih subtitle. Setelah itu akan muncul tampilan pengaturan subtitle.

Kemudian klik pilihan open, maka muncul tampilan add subtitle file lalu klik pada “back/video” dan akan muncul tampilan pilihan folder subtitle yang sudah di download. Setelah itu pilih file subtitle yang memiliki format .srt dan klik open. Hampir sama seperti pada GOM, Anda juga dapat menyeret atau drag file srt tersebut pada film yang sedang diputar.

Oleh karena itu, pastikan file subtitle Indonesia yang Anda download memiliki format standar untuk sebuah subtitle yaitu .srt agar mudah dalam menggunakannya. Sebenarnya dapat dibilang bahwa cara memasukan subtitle di hampir semua aplikasi pemutar video ini sama. Mungkin hanya letak dari menu-menunya yang berbeda.

Avatar
Faizatun Ngafifah Seorang Publisher yang Hobi Membaca dan Menulis serta Menyukai Dunia Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *