Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Cara Melacak No HP

2 min read

Cara Melacak No HP

Perkembangan dunia teknologi yang kian pesat membuat berbagai macam hal yang dahulu dianggap tidak mungkin menjadi mungkin.

Sebut saja berkomunikasi jarak jauh via suara, bertatap muka meskipun berada di tempat yang jauh berbeda lewat video call, dan sebagainya.

Kecanggihan ini juga bisa membuat keberadaan seseorang diketahui dengan cara melacak no hp orang tersebut. Menarik, bukan?

Cara Melacak Keberadaan Seseorang Dengan No Hp

Koneksi internet yang terus terhubung dengan suatu perangkat handphone akan memberikan informasi yang update dan realtime dari perangkat tersebut ke dunia jejaring sosial lewat frekuensi gelombang internet.

Dengan demikian, posisi seseorang dapat diketahui dengan cara melacak no hp yang dimilikinya. Hal ini juga seringkali digunakan sebagai cara melacak hp yang hilang.

Nah, ada beberapa cara melacak no hp lewat internet yang dapat Anda lakukan.

Cara-cara ini tidak membutuhkan keahlian khusus tingkat tinggi dalam bidang teknologi, sehingga siapapun dapat melakukannya dengan mudah.

Tanpa menunggu lebih lama lagi, simak cara melacak hp berikut ini:

1. WhatsApp Web

Siapa yang tidak mengenal aplikasi yang satu ini? WhatsApp sudah dikenal luas oleh masyarakat melek teknologi sejak berkembangnya teknologi komunikasi lewat chat. Pengguna hanya perlu mendaftar dan membuat akun dengan menggunakan nomor telepon.

Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, aplikasi ini terbukti termasuk salah satu pendominasi dalam bidang komunikasi bagi masyarakat Indonesia.

Siapa yang menyangka bahwa aplikasi ini juga dapat dipilih sebagai cara melacak keberadaan seseorang dengan no hp? Simak cara lengkapnya dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp Web pada komputer atau laptop, kemudian buka pesan terakhir dari orang yang ingin Anda lacak keberadaannya.
  • Setelah itu, tekan Ctrl+Alt+Del bersamaan untuk membuka windows Task Manager. Apabila Task Manager sudah terbuka, tekan tombol Windows+R untuk mengaktifkan Run tools.
  • Pada Run tools, ketikkan cmd lalu tekan Enter. Apabila Command Prompt sudah muncul, ketikkan netstat lalu tekan enter.
  • Berikutnya, cari alamat IP yang sudah muncul. Alamat tersebut merupakan IP dari hp orang yang berkirim pesan dengan Anda. Catat atau copykan ke desktop Anda.
  • Terakhir, akses https://www.ip-adress.com/ip_tracer/ dan isikan IP yang sudah didapatkan ke kolom yang tersedia. Keberadaan dari orang tersebut akan tampil di layar desktop Anda.

WhatsApp Web

2. Google Maps

Selain sebagai penyedia layanan lokasi yang sangat diandalkan, ternyata Google Maps juga dapat dimanfaatkan sebagai suatu cara melacak hp yang cukup ampuh.

Cara ini tergolong ke dalam cara melacak no hp lewat internet, karena Anda membutuhkan koneksi internet selama melakukannya.

Bahkan, Anda juga dapat mengambil langkah ini sebagai cara melacak hp yang hilang. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Google Maps, kemudian masuk ke menu Option atau Pilihan apabila perangkat Anda berbahasa Indonesia.
  • Setelah itu, masuk ke menu Friends List atau Daftar Teman dan daftarkan nomor hp yang ingin Anda lacak keberadaannya ke dalam menu tersebut.
  • Pastikan perangkat dengan nomor yang dituju sudah menerima permintaan pertemanan pada aplikasi Google Maps. Apabila cara-cara ini sudah dilakukan, ketika Anda ingin mengetahui keberadaan nomor tersebut, Anda hanya perlu meng-klik pada nama kontak tadi. Google Maps akan secara otomatis menampilkan lokasinya berdasarkan realtime information.

google maps

3. Provider

Salah satu cara melacak hp hilang tanpa menggunakan koneksi internet adalah dengan memanfaatkan provider yang digunakan oleh perangkat yang ingin dilacak keberadaannya.

Cara ini tentu saja berbeda-beda, tergantung pada masing-masing provider penyedia jasa dan layanan ini, Berikut beberapa cara melacak hp hilang yang dapat Anda coba:

• Telkomsel

Pengguna Telkomsel dapat melakukan panggilan ke *250# untuk meminta menu Lihat/Edit Daftar Teman. Apabila menu tersebut telah muncul, Anda dapat memasukkan nomor hp yang dituju.

Telkomsel kemudian akan mengirimkan informasi mengenai keberadaan nomor tersebut. Cara ini juga dapat dilakukan dengan mengirimkan pesan singkat dengan format “Teman(spasi)Nama(spasi)Nomor” lalu kirim ke 5200.

• XL

Bagi pengguna provider XL, Anda dapat mengakses *123*573*1#. Setelah itu, akan muncul beberapa menu keberadaan, diantaranya Lokasi Keluarga, Lokasi Belanja, dan Lokasi lainnya.

Pilihlah menu Lokasi Keluarga untuk mengetahui keberadaan dari perangkat dengan nomor XL terdaftar. Seperti Telkomsel, cara ini dapat diakses melalui pesan singkat dengan format “Cari(spasi)NoHP”, kemudian kirim ke 9111.

• Indosat

Hampir mirip dengan XL, Anda akan diberikan menu-menu Lokasi Keluarga, Lokasi Belanja, dan Lokasi Lainnya dengan mengakses *777*6*6#. Sebagaimana cara sebelumnya, Anda hanya tinggal memilih Lokasi Keluarga untuk mendapatkan informasi keberadaan perangkat dengan nomor HP yang dituju.

Cara ini juga dapat dilakukan dengan mengirimkan pesan singkat berformat “Cari(spasi)NoHP”, kemudian kirim ke 9111.

Cara Registrasi Kartu

Cara-cara tersebut merupakan cara-cara untuk mengetahui keberadaan seseorang atau sebuah perangkat lewat no hp yang cukup mudah untuk dilakukan.

Akhir kata, semoga cara-cara yang sudah diberikan ini berguna dan bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan. Selamat mencoba!

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *