Aplikasi Kompres Video

Dapat dikatakan bahwa aplikasi kompres video saat ini sangat dibutuhkan. Hal ini tentunya berkaitan dengan video yang dihasilkan dari proses perekaman, biasanya memiliki ukuran yang terlalu besar.

Pastinya ukuran besar dari video tersebut akan membuat penyimpanan Anda baik di PC ataupun handphone menjadi lebih cepat penuh dan akan mempengaruhi sistem kerjanya. Mungkin jika dulu kompresi video dapat dilakukan dengan mengurangi kualitas pada video tesrebut, namun kini sudah tidak lagi.

Pasang Aplikasi Kompres Video

Perkembangan teknologi yang semakin maju, tentunya mempengaruhi berbagai macam aplikasi yang diciptakan. Salah satunya adalah aplikasi untuk melakukan kompresi video, dengan membuat ukurannya menjadi lebih kecil tanpa mengurangi kualitasnya.

Aplikasi Kompres Video PC

Aplikasi Compress Video

Pada PC sendiri, terdapat beberapa aplikasi untuk mengompres video tanpa mengurangi kualitas video yang dapat Anda gunakan.

Meskipun kualitasnya akan berkurang, namun tidak akan jauh berbeda dengan kualitas pada video yang asli.

Jika Anda sudah tidak sabar untuk mengetahuinya, maka berikut ini beberapa aplikasi untuk mengompres video yang dapat Anda gunakan pada PC.

1. Aplikasi Kompres Video VideoPad – Video Editor

Aplikasi pertama yang direkomendasikan untuk mengompres video adalah VideoPad – Video Editor. Aplikasi yang satu ini datang dengan berbagai macam fitur yang sangat menarik untuk dicoba.

Berbagai fitur tersebut, tentunya sangat cocok untuk menyesuaikan hasil video menjadi seperti yang Anda inginkan termasuk dengan ukuran dan juga kualitas videonya.

Untuk melakukan kompresi, Anda hanya perlu memasukan atau impor video yang akan dikompres.

Setelah itu, Anda dapat melakukan encode yakni dengan menyimpan ulang video itu. Nantinya Anda dapat memilih ukuran, kualitas, serta format dari video yang baru disimpan.

Selain itu, aplikasi ini juga membawa banyak fitur lain seperti rotate, zoom, mengatur jarak pada video, dan mengatur volume.

2. Aplikasi Kompres Video Windows Movie Maker

Windows Movie Maker

Bagi para pengguna Windows, tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang bernama Windows Movie Maker.

Banyak keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi satu ini seperti ukurannya yang kecil, memiliki tampilan interface yang simpel dan userfriendly, hingga membawa berbagai macam fitur yang terbilang lengkap terutama bagi Anda yang termasuk sebagai pemula.

Hasil kompresi video yang didapatkan dari aplikasi ini terbilang cukup bervariasi. Namun, rata-rata video dengan durasi 3 hingga 4 menit mampu mencapai angka 80 persen, dengan kualitas yang dapat Anda tentukan sendiri.

Dikarenakan memiliki tampilan yang sederhana, tenunya cara untuk melakukan kompres dan edit dengan Windows Movie Maker juga sangat mudah.

3. Aplikasi Kompres Video Wondershare Video Converter

Sesuai dengan namanya, Wondershare Video Converter merupakan sebuah aplikasi yang dicipatkan secara khusus untuk melakukan kompresi sebuah video sekaligun mengonversi suatu jenis file video menjadi jenis file video yang lain.

✓ TRENDING :  Aplikasi Perekam Layar Laptop

Tidak hanya itu, apilikasi yang satu ini juga memungkinkan para penggunanya untuk mengatur video supaya dapat sesuai dengan DVD.

Bahkan, Anda juga dapat memperoleh format video khusu untuk VR di mana perangkat tersebut kini sedang banyak digunakan.

Jadi tidak diherankan lagi jika aplikasi yang bernama Wondershare Video Converter ini sering menjadi pilihan bagi banyak orang yang ingin mengubah ukuran dan format video.

Aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang masih pemula hingga yang sudah profesional.

4. Aplikasi Kompres Video HandBrake

Aplikasi Resize Video HandBrake

Aplikasi selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk mengatur ulang ukuran video adalah HandBrake.

Bagi Anda yang sedang mencari fitur seerti kompres yang lumayan Advance dan lebih lengkap, tentunya aplikasi ini merupakan jawaban yang paling tepat.

Hal ini dikarenakan aplikasi HandBrake memang sudah dirancang secara khusu untuk melakukan encode pada sebuah video.

Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, Anda dapat mengatur jenis encoder seperti x264 / x265, sampai mengatur FPS pada video tesrebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Aplikasi yang bernama HandBrake ini bersifat open source dan telah support dengan berbagai macam versi Windows dan bahkan tersedia juga untuk MAC.

5. Aplikasi Kompres Video Avidemux

Mungkin nama Avidemux masih terdengar asing bagi Anda dibandingkan dengan jenis aplikasi untuk kompresi video yang lain.

Namun meskipun begitu, aplikasi yang satu ini mampu mendukung kegiatan Anda dalam melakukan pengaturan berbagai macam setting seperti halnya encode, bitrate, FPS, dan lain sebagainya. Tentunya aplikasi ini telah support untuk beragam format video.

Dalam hal tampilan interface, aplikasi yang satu ini sangat cocok digunakan oleh para pemula karena tamplannya yang sederhana.

Bahkan bagi Anda yang baru saja masuk ke dalam dunia editing video, dijamin tidak akan bingung untuk mengoperasikan aplikasi ini.

Selain untuk mengatur ulang ukuran video, Avidemux juga dapat Anda gunakan untuk memotong video yang diinginkan.

Dengan menggunakan aplikasi kompres video seperti yang telah disebutkan di atas, tentunya bukan masalah lagi jika Anda memiliki video berukuran besar dan ingin mengecilkan ukurannya. Anda hanya perlu memilih salah satu dari beberapa aplikasi di atas yang sesuai dengan keinginan Anda.

Download Aplikasi Kompres Video

Nama Aplikasi
Link Download
VideoPad – Video Editor
Windows Movie Maker
Wondershare Video Converter
HandBrake
Avidemux

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *