Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Cara Membuat Logo

2 min read

Cara Membuat Logo

Perusahaan Anda terpusat dan tercermin pada logo. Tentu saja ada variabel terkait lainnya, tetapi kenyataannya tidak dapat dipungkiri bahwa kesan pertama bisnis Anda berasal dari desain grafis pada logo.

Kombinasi yang indah dari huruf, bentuk, dan warna akan menghasilkan logo yang indah. Karenanya, Anda membutuhkan software yang tepat untuk membuat logo yang mengesankan.

Berikut cara membuat logo yang patut Anda coba.

Cara Membuat Logo 2020

Anda dapat dengan mudah membuat logo yang berkesan dan menyentuh dengan berbagai macam software desain logo.

Untuk mengembangkan logo bisnis Anda, Anda dapat menggunakan freelancer yang terampil atau desainer terpercaya.

Namun, kadang-kadang hal tersebut dapat cukup menguras dompet. Sebab itu, Anda dapat menggunakan program pengembangan grafis yang murah, sehingga Anda bisa melakukannya sendiri.

Secara umum, pembuatan logo dapat dilakukan dengan metode online dan offline.

Cara membuat logo online dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan mengunjungi berbagai situs open-source atau situs penyedia platform pembuatan design sederhana seperti PlaceIt atau Looka.

Sebaliknya, pembuatan logo offline memerlukan instalasi software pada perangkat yang Anda miliki.

Cara Membuat Logo Dengan Photoshop

Photoshop adalah salah satu software Adobe yang luar biasa yang dikenal sebagai maestro pemrosesan gambar.

Software ini dirancang untuk menghasilkan gambar yang indah, gambar 3D, ikon dan logo untuk pengembang yang terampil.

Karakteristik luar biasa yang berbeda seperti filter kreatif, konsentrasi warna, tekstur, dan sebagainya menjadikan Photoshop software yang paling populer untuk tata letak visual.

Namun, Anda memerlukan beberapa kemampuan Photoshop untuk menghasilkan branding yang efisien.

Untuk mengetahui dasar-dasar mengenai cara membuat logo dengan Photoshop, simak langkah-langkah mudah yang akan dijelaskan di bawah ini:

  • Untuk membuka dokumen baru, buka Photoshop, dan pilih File —> New dan menu konteks dengan sejumlah pengaturan berbeda akan muncul. Karena banyak logo berbentuk persegi panjang, Anda mungkin ingin memilih ukuran file yang lebih besar daripada tingginya, sehingga Anda dapat mulai dengan ukuran 1000 piksel x 600 piksel.
  • Setiap elemen baru dari logo Anda akan diletakkan pada masing-masing layernya, sehingga membuatnya lebih mudah untuk memperbaiki hal-hal sesudahnya jika Anda membuat kesalahan. Untuk melakukan ini, tekan “Shift + Ctrl + N” di layar layer bawah.
  • Dalam hal tekstur atau latar belakang sebagai bagian dari logo, Anda mungkin ingin menyeret dan melepaskan gambar dari folder yang disimpan di papan gambar untuk membuat layer baru secara otomatis dan kemudian pilih (Ctrl + A, Ctrl + C), lalu tambahkan ke lapisan gambar kosong di proyek logo Anda dengan membuka gambar dari tabel terpisah.
  • Jika Anda bukan seorang desainer grafis, Anda disarankan harus puas menggunakan logo teks. Jika Anda seorang desainer graifs atau jika Anda telah merekrut seorang desainer untuk tata letak Anda, maka letakkan grafis ke logo Anda di layernya sendiri, sehingga Anda dapat beroperasi di sekitar teks dan desainnya.
  • Pilih “Type Tool” dan klik pada kanvas di mana saja; kursor yang berkedip akan muncul. Setelah itu, mulai menulis huruf logo Anda. Setelah selesai, pilih “Selection Tool” dari bagian atas Toolbar atau cukup tekan Ctrl + V untuk beralih dari Type Tool ke Selection Tool. Kemudian, lakukan pengeditan hingga selesai.

Cara Membuat Logo Dengan Corel Draw

Cara membuat logo dengan Corel Draw tidak termasuk ke dalam cara membuat logo online.

Corel Draw sendiri memerlukan langkah-langkah yang tidak terlalu sulit apabila dibandingkan dengan Photoshop, sebab software ini memang dirancang untuk keperluan detail termasuk outline dan inner desain grafis.

Berikut ini cara-cara yang dapat Anda ikuti dengan mudah untuk melakukan pembuatan logo dengan Corel Draw:

  • Langkah pertama, buka software Corel Draw, lalu buat worksheet baru. Sebaiknya pilih ukuran kertas A4 agar logo tidak terlalu kecil saat di edit.
  • Kemudian, buat bentuk-bentuk sederhana sesuai dengan jenis dan desain logo yang Anda inginkan. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah karena Corel Draw menghadirkan berbagai fitur seperti Ellipse Tool, Rectangle Tool, dan sebagainya.
  • Setelah itu, lakukan proses pewarnaan dengan memanfaatkan panel “Color Palette” yang tersedia di bagian samping atau bawah layar. Pemberian warna ini haruslah difokuskan dengan masing-masing bagian desain logo, seperti bayangan, posisi, dan lain sebagainya.
  • Kombinasikan dengan huruf dan angka maupun gambar atau file desain lainnya untuk membuat suatu logo yang benar-benar unik.

Melalui pembahasan di atas, Anda diberikan informasi mengenai cara membuat logo di Photoshop dan Corel Draw.

Dengan tutorial tersebut, diharapkan Anda mengerti dan memahami mengenai cara membuat logo di Photoshop dan Corel yang baik dan benar.

Dengan demikian, Anda sudah ready dan siap untuk membuat suatu logo yang unik untuk apapun keperluan Anda.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *