Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Laptop Lenovo Thinkpad

2 min read

Laptop Lenovo Thinkpad

Laptop Lenovo Thinkpad merupakan salah satu laptop dengan spesifikasi mumpuni yang diminati masyarakat.

Pada Juni 2019 lalu, Lenovo merilis 4 buah tipe baru untuk Lenovo Thinkpad yaitu Thinkpad X390, T490, T490S dan E490.

Lenovo Thinkpad X390

Laptop Thinkpad yang satu ini memiliki layar 13,3 inchi, ketebalan cukup tipis hanya mencapai 1,65 cm dan berat yang tergolong ringan yaitu 1,25 kg.

Di bagian spesifikasi, Lenovo membekali laptopnya ini dengan prosesor Core i8 Gen dengan RAM sebesar 32GB.

Sedangkan di sektor penyimpanan, Lenovo dibekali kapasitas 1TB dengan jenis SSD.

Karena menargetkan untuk kalangan pebisnis, Lenovo juga mempersenjatai Lenovo Thinkpad X390 ini dengan berbagai spek mumpuni.

Seperti halnya laptop ini memberikan 3 pilihan layar, walau sama-sama berukuran 13,3 inchi, namun dibedakan menjadi panel TN resolusi HD (250nit), panel IPS dengan resolusi FHD (300nit) dan panel IPS resolusi FHD termasuk fitur PrivacyGuards.

Harga laptop Lenovo Thinkpad dibandrol Rp 19,2 Juta.

Lenovo Thinkpad T490

Untuk laptop selanjutnya, ada Lenovo Thinkpad T490 yang juga ditujukan untuk bisnis.

Mengandalkan prosessor Intel Core generasi ke delapan, Lenovo Thinkpad T490 memiliki ukuran layar sebesar 14 inchi dengan panel 500nit HDR dolby vision beresolusi mencapai 2560 x 1440 piksel.

Sementara di bagian penyimpanan, Laptop ini dibekali Harddisk hingga 1TB.

Sementara itu pada bagian Random Acces Memory atau RAM pada Lenovo Thinkpad T490 bisa dibekali dengan RAM mencapai 48GB DDR4.

Laptop ini bisa dibilang termasuk laptop tipis dan ringan karena ketebalannya hanya 17,9 mm serta bobot 1,46 kg.

Lenovo Thinkpad T490 ini bisa Anda dapatkan dengan harga 18,5 juta rupiah.

Lenovo Thinkpad T490S

Masih bersaudara dengan Lenovo Thinkpad T490, Lenovo Thinkpad T490S ini memiliki rupa yang hampir sama dengan T490.

Perbedaan paling mendasar terloihat pada ketebalan dan bobotnya. T490S memiiliki bobot yang lebih rungan yaitu 1,27 kg serta lebih tipis hanya 16,1 mm.

Selain itu, dari segi RAM juga agak berbeda, Lenovo Thinkpad T490S bisa dibekali RAM hingga 32GB saja.

Selebihnya, kedua laptop ini memiliki spesifikasi yang sama. Misalnya pada prosesor, T490 S ini juga menggunakan Intel Core generasi ke-8 dan juga penyimpanan hingga 1 TB dengan jenis SSD.

Ada juga fitur keamanan berupa IR Camera yang memungkinkan mengidentifikasi wajah pengguna dengan nama Windows Hello, serta identifikasi sidik jari.

Lenovo Thinkpad E490 

Beralih ke Lenovo Thinkpad E490, yang merupakan laptop kelas entry untuk melengkapi 3 laptop yang dikhususkan untuk bisnis ini.

Lenovo Thinkpad E490 merupakan laptop lenovo thinkpad terbaik dari segi spesifikasi dari keempat laptop yang baru dikeluarkan pada Juni 2019 lalu.

Lenovo Thinkpad E490 menggabungkan keunggulan desain menarik dan kinerja super cepat berkat spesifikasi ysng dimilikinya.

Di bagian dapur pacu, laptop ini dibekali RAM yang bisa mencapai 32 GB. Keunggulan lainnya, adalah laptop ini memiliki dua tipe penyimpanan yaitu SSD, yang mencapai 512 GB dan HDD, yang mencapai 2TB.

Dengan dukungan prosesor Generasi ke-8 Intel Core i7, maka performa Lenovo Thinkpad ini tak perlu lagi diragukan kualitasnya.

Fitur Unggulan yang Ada di Thinkpad Keluaran Terbaru

· Low Power FHD Display

Salah satu fitur yang ada pada Lenovo keluaran terbaru tersebut adalah pada bagian layarnya.

Yakni adanya fitur Low Power FHD Display yaitu panel untuk menghemat daya baterai mencapai 1-2 watt dengan kualitas tampilan dan kecerahan yang sama saat penggunaan secara normal.

Fitur ini tersedia pada Lenovo Thinkpad T490 dan T490S.

· Thinkpad Privacy Guard

Fitur yang satu ini memungkinkan pengguna merasa aman saat mengerjakan sesuatu di depan layar laptop.

Karena sejatinya Thinkpad Privacy Guard ini membuat orang lain tidak bisa mengintip atau melihat dari sisi samping layar laptop.

Orang lain hanya akan melihat warna hitam saat mencoba mengintip dari sisi samping.

· ThinkSutter Privacy Solution

Masalah privasi, Lenovo Thinkpad terbaru juga memiliki fitur ThinkSutter Privacy Solution yaitu sebuah penutup pada kamera laptop yang bisa digeser.

Fitur ini membuat pengguna dapat merasa aman karena beberapa hacker tidak bertanggung jawab sering kali memanfaatkan webcam atau kamera laptop kita untuk kepentingan-kepentingan yang tidak diketahui.

· ThinkPad USB-C Anti-Fry Protection

Pengisian daya laptop Lenovo Thinkpad menggunakan colokan USB bertype C. Tentunya hal ini memberikan peluang pengguna untuk mengisi dayanya menggunakan charger lain, di luar Lenovo.

Nah pada saat itulah, fitur ini bekerja. Lenovo membekali laptop Thinkpad ini dengan Thinkpad USB-C Anti-Fry Protection untuk melindungi laptop dari charger non-Lenovo yang Anda pakai.

· PLP for SSD

Fitur ini membuat Anda sebagai pengguna tidak akan kehilangan data pada SSD saat laptop dimatikan paksa, misalnya dengan menekan tombol power selama beberapa detik.

Fitur ini menjaga SSD untuk melakukan shutdown atau mematikan laptop atau PC dengan semestinya.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *