Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Perbedaan Laptop dan Notebook

2 min read

Perbedaan Laptop dan Notebook

Keberadaan Komputer jinjing saat ini telah menjadi kebutuhan tersendiri bagi kebanyakan orang untuk mendukung kerja. Jenis komputer jinjing sendiri ada dua yakni laptop dan notebook.

Apa yang menjadi perbedaan laptop dan notebook yang paling mendasar? Tanpa disadari, ada beberapa aspek yang menjadi dasar penyebutan laptop dan notebook seperti yang kita bahas di bawah ini:

Namun sebelum melangkah lebih jauh, mari kita ketahui terlebih dulu pengertian masing-masing perangkat yang masuk ke dalam kategori komputer jinjing ini.

Laptop berasal dari kata “lap” yang merujuk pada pangkuan sehingga bisa diartikan sebagai perangkat komputer yang bisa dipangku kurang lebihnya.

Sedangkan notebook berarti buku catatan, sehingga wujudnya bisa menggantikan peran buku catatan yang bisa dibawa kemana-mana serta praktis dan tidak terlalu besar bahkan cenderung kecil.

Dari Segi Ukuran Layar

Aspek pertama, perbedaan notebook dan laptop adalah dari segi ukuran layar. Aspek ini sangat mendasar dan paling mudah terlihat di antara laptop dan notebook.

Notebook biasanya memiliki ukuran layar lebih kecil dibanding laptop, bahkan ada yang hanya berukuran 6 inci yang disebut netbook. Untuk rata-rata ukuran layar notebook adalah 8 hingga 13 inci.

Sedangkan untuk laptop, ukuran layarnya lebih besar biasanya dari 14 inchi hingga 18 inchi. Ukuran layar yang lebih besar pada laptop ini juga membuat tampilan yang dihasilkan lebih besar dan lebih  mumpuni untuk mendukung kerja.

Ukuran layar laptop juga bisa memuaskan para gamers yang suka terhadap kualitas dan lebar layar yang besar.

Dari Segi Spesifikasi

Perbedaan laptop notebook dan notebook berikutnya adalah dari segi spesifikasi. Jelas notebook memiliki spesifikasi yang lebih rendah dibanding laptop.

Notebook memang dirancang sebagai komputer jinjing yang lebih praktis dibawa kemana-mana serta dan hanya dibekali spesifikasi standar seperti RAM hanya 1 hingga 2 GB, dan VGA yang mendasar.

Lain halnya dengan laptop, yang memang tidak terbatas spesifikasinya. Anda bisa dengan mudah menemukan laptop bespesifikasi RAM 4GB hingga 8GB hingga prosesor yang sudah mumpuni seperti Intel Core i5 atau Intel Core i7. Dari segi VGA, ada beberapa macam VGA yang berkelas seperti AMD hingga NVidia.

Perbedaan lain dari segi spesifikasi adalah keberadaan CD ROM pada laptop. Di dalam notebook, tidak ada CD-ROM Internal sehingga Anda tidak bisa membaca CD dari Notebook, Sementara pada laptop, fungsi itu bisa dilakukan.

Dari Segi Berat

Apa perbedaan laptop dan notebook yang lainnya? Jawabannya adalah dari segi berat. Tentu saja karena dari dua segi sebelumnya yakni ukuran layar dan spesifikasi, laptop lebih degalanya dari notebook, maka dari segi berat pun laptop juga unggul.

Sebaliknya, Notebook memiliki  bobot lebih ringan dan biasanya ada di angka 1,5 kg hingga 2 kg untuk bobot reratanya.

Pada perangkat laptop, beratnya bisa mencapai 2 kg lebih. Akan tetapi pada perkembangan jaman, laptop yang  mumpuni pun punya ukuran yang dari hari ke hari makin tipis sehingga hal itu juga mempengaruhi berat laptop.

Pada akhirnya berat laptop hampir bisa dikurangi untuk keunggulan dalam hal kepraktisan dan keefektifan.

Dari Segi Ketahanan Baterai

Aspek berkutnya yang menjadi perbedaan di antara laptop dannotebook adalah aspek baterai. Kali ini biasanya notebook unggul daripada laptop.

Hal ini dipengaruhi oleh beberapa aspek di atas seperti ukuran layar yang lebih kecil dan spesifikasi yang biasa saja, maka ketahanan baterai notebook lebih lama ketimbang laptop, bisa mencapai 10 hingga 12 jam pemakaian.

Sebaliknya, laptop memiliki ketahanan baterai yang hanya 6 hingga 8 jam saat dipakai terus menerus. Kembali lagi ini juga dipengaruhi ukuran layar laptop yang luas serta spesifikasi laptop yang lebih mumpuni ketimbang notebook.

Netbook dan Ultrabook

Selain dua kategori besar komputer jinjing yaitu laptop dan notebook, ada dua jenis lagi bernama netbook dan ultrabook. Netbook berukuran lebih kecil daripada notebook. Ukuran layarnya ada yang hanya 6 inci dengan berat kurang lebih 1 kg.

Pada penggunaanya, netbook hanya digunakan untuk perangkat yang bisa mengakses internet sekaligus menjalankan program-program regular seperti Ms office untuk keperluan mencatat. Sementara itu, ada juga yang dinamakan ultrabook.

Ultrabook sendiri muncul setelah Apple merilis Macbook dan produk tersebut dianggap pada jenis komputer jinjing tersendiri karena fungsinya menggabungkan antara netbook dan notebook.

Ukurannya tipis dan bobotnya ringan, sementara performanya gahar dan mumpuni seperti laptop. Namun secara umum, Netbook dan Ultrabook ini dikategorikan sebagai Notebook.

Beberapa perbedaan laptop dan notebook di atas semoga bisa menjadi acuan bagi Anda yang bingung membedakan perangkat komputer jinjing ini.

Pada perkembangan jaman yang semakin maju ini, semakin susah untuk membedakan mana laptop yang mana notebook karena banyak laptop yang semakin ringan namun speknya tinggi.

Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *