Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Cara Print dari HP

2 min read

Cara Print dari HP

Print dari perangkat smartphone atau HP memang menjadi andalan bagi banyak kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan hingga wiraswasta.

Semua orang pasti pernah berurusan dengan mencetak file dokumen menggunakan printer. Namun, banyak yang belum mengetahui bagaimana cara print dari HP dengan mudah dan tak ribet.

Meski terkesan sedikit ribet ketika harus menggunakan ponsel sebagai media penyambung dengan perangkat printer, namun cara ini lebih efektif.

Tentunya bagi mereka yang mengejar efektivitas waktu, seperti pelajar dan mahasiswa. Bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana caranya, berikut ini terdapat cara mudah yang bisa dilakukan.

Cara Print dari HP ke Printer

Penggunaan smartphone dalam menyimpan data bisa difungsikan dengan mencetak data tersebut melalui perantara printer.

Cara yang digunakan dan printer yang dipakai pun berbeda-beda, tergantung dengan kebutuhan dan jenis printer yang dimiliki. Namun demikian, banyak orang yang dipusingkan tentang bagaimana caranya.

Cara pertama yang bisa digunakan adalah menggunakan smartphone jenis IOS untuk mencetak dokumen melalui printer.

Berbeda dengan perangkat Android lain, Apple memiliki fitur khusus yang bisa digunakan untuk melakukan proses ini, yakni aplikasi AirPrint.

Dengan menggunakan fitur ini, Anda tak perlu susah-susah memasang banyak aplikasi untuk printer dengan merek berbeda.

Langkah yang harus dilakukan untuk menggunakan aplikasi tersebut juga bisa dilakukan dengan mudah, yakni buka dokumen yang tersimpan pada perangkat Apple dan yang ingin dicetak.

Kemudian tekan tombol share dan pilih ikon print, secara otomatis Anda bisa mendapatkan beberapa pilihan printer yang bisa digunakan.

Cara Print dari HP Menggunakan Printer HP

Cara Print dari Hp Printer

Beberapa langkah berikut ini merupakan cara bagaimana mencetak dokumen menggunakan printer HP.

Langkah yang dilakukan tidak sulit, karena hanya beberapa langkah kecil saja yang harus dilakukan.

  • Langkah pertama hubungkan printer dengan perangkat smartphone yang digunakan dengan jaringan yang sama.
  • Jika sudah instal aplikasi HP Print Service, aplikasi ini sudah tersedia pada Play Store, fungsinya untuk langsung mencetak dokumen tanpa ribet.
  • Kemudian buka dokumen atau gambar yang ingin dicetak, setelah itu klik menu dengan tiga titik, biasanya menu ini terdapat di bagian kanas atas, setelah itu plih print.
  • Pilih HP Print Service Plugin, jika sudah pilih ukuran kertas dan berapa lembar kertas yang ingin dicetak. Setelah itu tekan ikon print yang terdapat di bagian kanan atas.
  • Jika printer dan smartphone tidak terhubung dalam jaringan yang sama, jangan khawatir karena terdapat cara lain yang bisa digunakan.
  • Tekan tombol wireless direct icon, tombol ini terdapat pada printer HP yang digunakan, setelah itu pastikan Wi-Fi Direct pada printer sebelumnya telah aktif.
  • Setelah itu, pergi ke menu setting untuk memastikan network name dan kata sandi yang digunakan, setelah itu sambungkan ponsel dan printer.
  • Langkah terakhir adalah masukan nama jaringan dan kata sandi yang sudah didapat sebelumnya tadi.

Cara Print dari Printer Canon

Cara Print dari HP

Untuk melakukan cetak dokumen menggunakan fitur ini, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Salah satunya adalah menginstal aplikasi Canon Print Service, setelah itu lakukan dua langkah selanjutnya seperti berikut ini.

  • Pilih printer canon sebagai alat yang digunakan untuk mencetak dokumen, setelah itu lakukan cara mencetak sama seperti ketika mencetak dokumen menggunakan printer tanpa HP.
  • Namun jika tidak terdeteksi, Anda bisa mencarinya secara manual. Lakukan konfigurasi dokumen sesuai dengan kebutuhan ketika menggunakan aplikasi ini.

Cara Print di Printer Epson

Cara Print dari Hp Epson Printer

Bagi Anda pengguna printer dengan merek Epson, tak perlu khawatir bagaimana cara mencetak dokumen secara langsung memakai ponsel.

Beberapa langkah ini adalah langkah-langkah untuk mencetak dokumen di perangkat smartphone menggunakan printer Epson.

  • Lakukan instalasi pada aplikasi Epson Print pada perangkat smartphone yang Anda gunakan setelah itu masuk ke aplikasi.
  • Anda akan diberikan beberapa pilihan fitur, pilih sesuai dengan kebutuhan, pilih print dengan fungsi mencetak dokumen tanpa kabel melalui handphone.
  • Fungsi lain yang dimiliki selain untuk mencetak dokumen, aplikasi ini juga bisa untuk melakukan scan dokumen lewat ponsel.
  • Namun, satu yang harus diperhatikan adalah perangkat smartphone dan printer bisa tersambung dengan koneksi jaringan yang sama.

Cara Print di Printer Brother

Cara Print dari Hp Menggunakan Printer Brother

Salah satu merek printer yang direkomendasikan untuk dipakai adalah printer Brother, tidak jauh berbeda dengan printer lain pada umumnya.

Anda juga harus mengunduh aplikasi merek printer ini terlebih dahulu, langkah yang harus dilakukan pun tak jauh berbeda dengan ketika menggunakan printer merek lain.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah buka aplikasi Brother iPrint&Scan, jika aplikasi sudah selesai terpasang.
  • Selanjutnya adalah pilih menu Print, menu ini terdapat pada layar di menu utama aplikasi. Jika sudah, pilih dokumen yang ingin dicetak.
  • Tak hanya untuk mencetak dokumen, aplikasi ini juga bisa untuk melakukan pengaturan lain yang berhubungan dengan cetak dokumen.
Faizatun Ngafifah
Faizatun Ngafifah Seorang ASN Yang Menyukai Film, Sains dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *